Kotak Pengaduan

Sampaikan keluhan anda dibawah ini.

  • Citra lestari andrian
    25 Februari 2019, thatha671@gmail.com

    Anak saya bersekola di sdn k**n kab Bogor kaum baru kelas 1 sd ... Di sekola itu ada kegiatan studytour tiap tahun yg biaya nya lumayan buat seukuran saya belum lagi biaya kaos padahal jalan2 masih sekitaran bogor saya sudah memberi saran pada perwakilan kordinator kelas untuk di sampaikan ke komite tapi saya rasa tidak di gubris ... Bukan saya tidak menduku program sekola kalo itu baik untuk anak tapi nominal dan apa yg saya dapat saya rasa tidak seimbang... Saya memutus kan untuk tidak ikut dan anak saya juga mengerti tapi setelah mendekati hari H wali kelas se akan anak mempengaruhi anak saya untuk ikut saya jadi merasa ko kesan nya seperti memaksa .... Sunguh sebagai orang tua murid saya merasa sangat terganggu ... Program sekolah yg sudah di gratis kan masih saja di bebani dg masalah seperti ini ....

    • admin

      terimaksih atas masukanya, karena SD di wilayah Kab Bogor jd kewenangan ada di Kab Bogor

  • Yulia
    19 Januari 2019, jehancell@gmail.com

    Anak saya kls 5 SD, thn lalu kls 4 SD diadakan study dgn biaya yg gk murah, dan thn ini kls 5 akan diadakan study tour lg itupun k daerah Bogor menurut informasi (surat edaran resmi Dr sekolah blm terbit), belum lagi sebentar lagi kls 6 dan akan diadakan tour lagi. Apa2an ini, study tour dgn pungutan biaya yg lumayan besar klo diitung2 ada untung jg ya, blm lg hrs iuran buat bikin kaos buat dresscodenya, klo tiap taun begini apanya yg mensejahterakan dan meningkatkan pendidikan, itu baru 1 anak, klo yg anaknya 2 tiap taun begini bagaimana. Belum pungutan uang kas dan tetek-bengek, rasa keberatan ini sudah pernah diutarakan d group namun jawabannya adalah hasil musyawarah komite sekolah. Sedangkan komite sekolah tidak pernah memusyawarahkan dgn wali murid yg lain. Keputusan mereka ambil untuk keuntungan mereka sendiri tanpa berpikir banyak yg merasa di disahkan dgn program2 seperti ini. Klopun mmg study tour itu penting masih bnyk tempat terdekat yg bs d kunjungi. Saya gk tau lagi harus mengadukan kepada siapa lagi. Jd tolonglah study tour kok terus2an dan dibikin bisnis ya.
    Trimakasih

    • admin

      bisa disebutkan sekolahmana , nanti akankami verifikasi,,terimakasih

  • Bekti
    18 Januari 2019, bekti.rahayu2593@gmail.com

    Asslamualaikum wr.wb bpk/ibu saya ingin menanyakan, bagaimana cara mendapatkan SK dari Disdik? Terimakasih

    • admin

      bisa dijelaskan lebih rinci tentang SK apa yang dimaksud

  • wiwi
    11 Januari 2019, cahayakita77@yahoo.com

    Asslamalkum mohon perhatiannya bapk / ibu .sekolah tempat saya mengajar sudah sangat memprihatinkan.semoga bpk /ibu berkenan untuk meninaklanjutinya

    • admin

      bisa disebutkan sekolah mana yaang dimaksud

  • Erwin
    06 Januari 2019, erwingunawannur@gmail.com

    Apakah dinas pendidikan memperbolehkan SD negri menarik biaya konsumsi pengawas TO untuk kla 6 dibebankan kpd orangtua murid dan jumlahnya begitu fantastis melebihi sekolah swasta.dengan alasan biaya partisipasi sekolah tp sifatnya memaksa /mengharuskan karena anak saya diminta 500 ribu rupiah hanya utk TO, sdh ditetapkan pihak sekolah tanpa diberi kesempatan kpd orangtua murid utk mengajukan keberatan. Kalau memang itu dikenakan rata disemua sekolah kami memaklumi tp kl itu hanya keinginan sekolah itu semata mohon dinas pendidikan ada tindakan.

    • admin

      Bisa disebutkan sekolah mana agar kami bisa menindaklanjuiti, terimakasih

  • Renaldy Hutama
    05 Januari 2019, renaldyhutama@gmail.com

    Selamat malam, saya ingin bertanya. Jika ada perbedaan nama pada KTP dan ijasah apakah saya harus merubah nama di ijasah? Jika ya, Bagaimana prosedurnya. Karena ijasah saya dari SD sampai SMA berbeda dengan nama di KTP ... Terima kasih

    • admin

      Nama dalam ijasah tidak bisa diubah, jika ada perbedaan nama pada KTP dan Ijasah maka dapat meminta surat keterangan ke sekolah tempat ijasah tersebut diterbitkan dengan membawa Akte Lahir Asli + fotocopy (yg asli hanya utk ditunjukan), dan Kartu Keluarga.
      Karena dari dokumen tersebut dpt dilacak/ketelusuri dimana terdapat perubahan nama akte/kesalahan tulis ijasah.
      Tp klw ingin lebih jelasnya silahkan datang k kantor Dinas Pendidikan Kota Bogor dengan membawa semua dokumen agar dapat dijelaskan lebih rinci.
      Terimakasih,

  • evina
    17 Desember 2018, evina.laurent@yahoo.co.id

    selamat siang bpk/ibu,
    saya mau bertanya apabila ijazah SMA blm di ambil apakah bisa di urus di dinas pendidikan ?
    tolong informasinya. karena dari pihak sekolah tidak mau memberi ijazahnya ke saya.

    • admin

      Bisa dijelaskan sekolah mana nanti akan kami bantu cek

  • ingke
    04 Desember 2018, ingkevollyani12@gmail.com

    Selamat sore pak / bu dinas..

    Sya sbnrnya bukan mau mngeluhkan sesuatu tapi mau menanyakan sesuatu.

    Anak saya sd kelas 5 Di daerah bgr tengah.

    Anak sya sudah ganti nama total. Dlm artian nama lama dan nama baru nya berbeda dgn alasan yg jelas.
    Sy pun sudah ke pengadilan tuk sidang dan di setujui.
    Anak sy sudah pny akta klahiran dgn nama baru. Beserta krtu klrga dgn nama baru pula.

    perubahan nama anak sy akan d urua oleh op sekolah kira² januari th. 2019 dikarenakan libur panjang

    Kira² apakah anak saya Bisa mndapatkan ijazah dngn nama baru sesuai hak nya.

    Kira kira brpa lama?

    Krn operator sekolah jawabannya meragukan op skah bilang tidak berjanji Apakah disetujui oleh dapodik.

    Apabila tdk d setujui dapodik, anak sy tdk bisa masuk smp krn nama di ijazah pasti berbeda dgn akta klahiran baru nya.

    Mohon balas terimakasih..

    • admin

      Dengan berdasarkan surat permintaan dari orang tua diatas materi 6000 dan berdasarkan keputusan pengadilan maka sekolah bisa mengeluarkan surat keterangan ganti nama siswa tersebut. Dokumen ini tdk boleh hilang seumur hidup dan menjadi bagian yg mendampingi ijazah dan rapot. Namun sebelum semua dikumen siswa menggunakan nama baru agar pihak sekolah bersama orang tua untuk mengurus Data Dapodik siswa agar tidak ada masalah di kemudian hari. Perlu diketahui bahwa perubahan Data Dapodik menjadi kewenangan pemerintah pusat. Terima kasih.

  • Yanti
    14 Nopember 2018, cucumsumiati999@gmail.com

    pada saat anak saya mau masuk sekolah sudah jelas di rapat guru menyampaikan bahwa buku paket akan didapatkan gratis dari pemerintah namun memang tidak ditentukan waktunya karna menunggu pengiriman dari dinas
    namun sampai saat ini orangtua murid tetap membeli buku paket sendiri di luar sekolah

    • admin

      Untuk masalah buku paket dari BOS APBN terbatas tidak seluruh buku paket dan dari BOS APBD tidak ada buku paket tapi yg ada adalah membuatan LKS yg di susun oleh guru

  • Safrizal
    13 Nopember 2018, rizalkeysha5@gmail.com

    Assalamualaikum...
    Mohon informasinya
    1. Mengenai program study tour anak SD termasuk dari kurikulum
    2. Standar untuk study tour yang di programkan ad standarnya ga
    3. Apa harus dengan biaya yang mahal dan tempat yang jauh
    4. Bilamana tidak ikut study tour apa ada keharusan pembuatan klipping study tour dengan biaya yang sama dengan yang ikut study tour
    5. Dalam setahun berapa kali untuk study tour sd

    Atas perhatiannya di ucapkan terima kasih

    • admin

      Walaikumsalam wr wb terimakasih sudah menyampaikan keluhan pada disdik .
      1. Kurikulum memperkenalkan kpd anak tentang pembelajaran langsung/pengalaman langsung untuk siswa, yang materi/ tema disesuaikan dengan mata pelajaran. Biasa nya sekolah mengemasnya dalam bentuk program study tour karena dalam pembelajaran tersebut ada beberapa tema/ materi yang dapat di diterapkan langsung kepada anak.
      2. Tidak ada standar biaya untuk program study tour karena semua tergantung dari kondisi, kebutuhan, materi dan kesepakatan sekolah bersama komite/orang tua dan dari awal tahun pelajaran sdh diprogramkan serta disosialisasikan kpd orang tua.
      3. Program study tour bukan program wajib, melainkan salah satu bentuk upaya sekolah di dalam mengimplementasikan pembelajaran langsung di luar kelas.
      Sekolah juga dpt memanfaatkan tempat2 yg dekat/disekitar sekolah utk belajar diluar kelas selama masih sesuai dgn materi/tema yg diajarkan di sekolah.
      4. Untuk anak yang kurang mampu dalam pembiayaan program study tour dapat di cari solusi, diantaranya dengan subsidi silang, sehingga di harapkan semua anak dapat mengikuti agenda tersebut dan tidak ada diskriminasi.
      5. Tugas kliping yang di berikan kpd anak karena tidak bisa mengikuti program studytour merupakan salah satu solusi terakhir dgn tdk seharusnya membebani anak dgn biaya.
      Terimakasih

  • Hidayat
    06 Nopember 2018, hidayatoke1@gmail.com

    Assalammu alaikum wr wb.
    Lapor : anak anak sd bantar kemang 6 sering lempar lempar batu ke rumah rumah warga yang ada di bawah sekolahannya . Kejadian sudah puluhan kali dan ber ulang ulang. Kami warga sudah melaporkan ke pada guru nya . Tapi kejadian itu masih terus terjadi dan terjadi lagi. Mohon kiranya dari diknas dapat memberikan solusinya. Terima kasih

    • admin

      Dinas pendidikan sudah melakukan croscek ke sdn bantar kemang 6 dengan hasil bahwa pihak sekolah sudah memanggil anak kelas 1 yang melakukan pelemparan, berdasarkan pengakuan anak tersebut bukan bermaksud melempari rumah tetapi mengambil bola yang tersangkut di pohon bambu sehingga solusi nya pihak sekolah akan melakukan pengawasan terhadap anak saat istirahat di lapangan dan memasang jaring pembatas menghindari kejadian serupa

  • Erwin S
    31 Oktober 2018, erveens@gmail.com

    Mohon di koreksi perihal kurikulum pendidikan sekolah dasar di SD Negeri ****, apakah kegiatan pembelajaran diluar sekolah di wajibkan kepada siswanya di setiap semester pendidikan (1thn 2x) dan bersifat pemaksaan, dimana kegiatan tersebut memakan biaya yg tidak kecil dan di bebankan kepada siswa/orang tua siswa.
    Apakah kegiatan tersebut sudah sesuai kurikulum atau ajang bisnis pihak sekolah?
    Bagaimana dengan siswa/orang tua yg tidak mampu?
    Apakah mereka tidak berhak untuk mendapat pendidikan?
    Mohon aduan ini di tindak lanjuti dan di fungsikan sebagai mana fungsinya bidang pengawasan dinas pendidikan lakukan kunjungan ke sekolah sekolah lakukan diskusi 2 orang dengan para orang tua siswa.
    Terima kasih.

    • admin

      Dinas pendidikan sudah verifikasi ke sdn **** dengan penjelasan bahwa sekolah sudah menempuh tahapan2an sesuai aturan yang berlaku.
      Sekolah dapat melaksanakan pembelajaran di luar sesuai kurikulum, materi, dan kebutuhan karena hall tersebut akan menjadi pembelajaran langsung untuk anak seperti berenang, mengenal situs sejarah/budaya lokal, atau pun tradisi2 dari daerah lain. Tentu nya kegiatan tersebut oleh pihak sekolah sudah di programkan dari awal tahun pelajaran dan sudah di koordinasikan dengan komite sekolah dan hall tersebut sudah di sosialisasikan kepada orang tua siswa. Ada pun perihal biaya sudah di bicarakan bersama komite/orang tua siswa tanpa harus membebani orang tua siswa khusus nya yang kurang mampu. Untuk itu ada solusi subsidi silang untuk anak-anak kurang mampu sehingga seluruh anak dapat mengikuti kegiatan tersebut.
      Jadi tidak ada diskriminasi untuk anak anak yang kurang mampu

  • eva
    19 Oktober 2018, evesinush@gmail.com

    Selama Siang mohon izin nomor yang bisa dihubungi Dinas Pendidikan Kota Bogor berapa ya???terima Kasih

    • admin

      (0251) 8341101

  • Soleh iskandar
    19 Oktober 2018, iskandarsoleh889@gmail.com

    Kenapa utk sekolah dasar (SD kayumanis 1)setiap penerimaan siswa baru selalu diminta uang sumbangan buat sekolah katanya gratis apakah dana bos dari pemerintah tidak mencukupi?

    • admin

      BOS adalah Bantuan Operasional Sekolah dari Pemerintah dlm meringankan biaya operasional sekolah.
      Bantuan tsb tentu jml nya terbatas shg tdk dpt memenuhi seluruh biaya sekolah, terlebih lagi upaya sekolah dlm peningkatan mutu tentu memerlukan biaya tdk sedikit.
      Sekolah dpt menggalang dana bantuan dari orang tua melalui komite sekolah berdasarkan program sekolah yg sdh disosialisasikan pd awal tahun pelajaran dgn tetap memperhatikan aturan yg berlak

  • Farhan
    18 Oktober 2018, fauzanpadang@yahoo.co.id

    SMA PGRI 3 mengharuskan siswanya membayar LKS. Bukannya LKS TIDAK DIPERBOLEHKAN lagi?

    • admin

      Karena SMA/SMK kewenangan ada di Dinas Provinsi Jawa Barat, maka aturan tersebut diatur oleh provinsi, terimakasih

  • Mulyana
    15 Oktober 2018, mulyanamull88@gmail.com

    Sampai saat ini ijazah masih ditahan di pihak sekolah karena administrasi belum terpenuhi dan belum lunas. Sedangkan saya lulusan terbaik disekolah tersebut. Sudah lulus dari tahun 2015. Apakah ada regulasi khusus dalam penanganan masalah seperti ini dari disdik? Adakah kemudahan bantuan yg bergulir dan dapat diberikan dari disdik? Mohon konfirmasinya, terima kasih.

    • admin

      bisa disebutkan sekolah mana?, tapi kalau untuk SMA/SMK karena sudah kewenangan provinsi sebaiknya berkirim surat ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

  • Purwanto
    23 September 2018, koper.bogor@gmail.com

    Mohon di koreksi perihal kurikulum pendidikan sekolah dasar di SD Negeri xxxxxx 1 apakah kegiatan outbonding(jalan", berenang dll)di wajibkan kepada siswanya di setiap semester pendidikan dimana kegiatan tersebut memakan biaya yg tidak kecil dan di bebankan kepada siswa/orang tua siswa, apakah kegiatan tersebut sudah sesuai kurikulum atau ajang bisnis pihak sekolah, bagaimana dengan siswa/orang tua yg tidak mampu?apakah mereka tidak berhak untuk mendapat pendidikan?mohon aduan ini di tindak lanjuti dan fungsikan sebagai mana fungsinya bidang pengawasan dinas pendidikan lakukan kunjungan ke sekolah sekolah lakukan diskusi 2 arang dengan orang tua siswa

    • admin

      Materi pembelajaran tertentu terkadang memerlukan kegiatan di luar sekolah agar anak2 dpt mengalami pembelajaran langsung (contactual learning) spt misalnya berenang, mengunjungi situs budaya lokal. Tetapi program tsb hrs terlebih dahulu dikonsultasikan dgn komite sekolah dan disosialisasikan kpd orang tua siswa pd awal tahun pelajaran dgn anggaran tidak memberatkan org tua siswa.
      Perihal biaya, sekolah bersama komite sekolah dpt juga mencari solusi dgn cara subsidi silang agar bagi siswa yg tdk mampu dpt dibebaskan dr pembiayayaan shg mereka tetap dapat mengikuti keg dimaksud spt yg lainnya.

  • Dianita Nindyasari
    22 September 2018, ndianita3@gmail.com

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.. tolong infonya, untuk wilayah Bogor timur sekolah menengah kejuruan mana saja yang sudah mendapatkan ijazahnya? Karena di sekolah saya sampai saat ini ijazah belum dibagikan juga

    • admin

      Untuk sekolah menengah kejuruan karena sudah kewenangan Provinsi, maka kami tidak punya data seperti yang diminta, terimakasih

  • Nano
    19 September 2018, nanhar74@gmail.com

    Assalamualaikum wr wb , anak saya sekolah di SMP N * Citereup dan saya sering dapat laporan dari anak saya banyak jam kosong karena gurunya sering tidak masuk . Malah ada guru yang hampir tiap minggu tidak ngajar . Apakah memang seperti ini kualitas sekolah negeri ?? apakan karena kita tidak bayar SPP sehingga gurunya ngajar semaunya ?? kasihan anak anak kami yang ingin belajar tapi tidak ada gurunya ... mohon bantuan pihak yang berwenang untuk mengontrol atau kalau perlu memberikan teguran .
    Terima kasih sebelumnya

    • admin

      Untuk SMP yang dimaksud berada di wilayah Kab, Bogor, mungkin bisa disampaikan ke Dinas Pendidikan Kab. Bogor, Terimakasih

  • tsar syahputra
    13 September 2018, tsarbozes@gmail.com

    mohon informasi, dmana saya bisa dapat daftar sekolah menengah atas negeri dan swasta di kota bogor beserta alamat dan nomor telepon? daftar tersebut saya perlukan untuk ttugas perkuliahan, terima kasih

    • admin

      untuk melihat daftar sekolah di Kota Bogor bisa dilihatdi web http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/